Bismillah, Assalamu'alaikum Wa Rahmatullahi Wa Barakatuh..
Shobahul Khoir.. Selamat Pagi dan Selamat Beraktifitas Sahabat Fajar
Sahabat Fajar, marilah mengajari anak untuk berperilaku baik dan santun sedini mungkin agar menjadi kebiasaan yang baik hingga ia dewasa nanti. Di pagi Hari yang cerah Kami akan membagikan 12 Sikap baik dan santun yang wajib dipelajari anak sejak usia 2 tahun, semoga bermanfaat..
Membesarkan anak yang berperilaku baik berarti harus mendorong mereka untuk bersikap baik setiap hari.
Sikap baik anak tidak muncul dengan sendirinya. Butuh kedisiplinan dan banyak kesabaran agar anak terbiasa berperilaku baik. Apa saja sikap baik anak yang harus ditanamkan menjadi kebiasaan?
1. Mengatakan ‘tolong’ dan ‘terima kasih’
Begitu anak lancar berbicara, mereka juga harus segera menguasai nilai-nilai dari sikap sopan. Mengatakan tolong saat mengajukan permintaan dan mengucapkan terima kasih adalah kebiasaan yang baik yang harus didorong sedini mungkin.
2. Tidak memotong pembicaraan
Saat anak-anak belajar berkomunikasi, Parents harus membimbing mereka agar sabar menunggu sampai mereka mendapat kesempatan bicara. Kecuali hal tersebut benar-benar mendesak, mereka tidak boleh memotong pembicaraan orang lain.
3. Mengucapkan ‘permisi’
Saat akan melewati orang-orang yang sedang duduk, saat akan masuk ke rumah orang lain, saat akan bertanya pada orang lain di jalan, atau saat akan meminta tolong orang lain mengambilkan sesuatu, anak-anak harus mengucapkan permisi dengan sopan. Inilah salah satu bentuk sikap baik anak yang perlu ia pelajari sejak kecil.
4. Tidak mengomentari fisik orang lain
Kadang-kadang kepolosan anak-anak membuatnya jadi lucu. Tapi tak jarang, sikap terus terang ini dapat menyinggung perasaan orang lain.
Anak-anak harus diberitahu bahwa tidak boleh mengatakan seseorang ‘gendut’, misalnya, meski itu dilakukan tanpa sepengetahuan orang tersebut.
5. Mengetuk pintu sebelum masuk
Meski pintu tidak terkunci, anak-anak harus belajar untuk mengetuk sebelum masuk ke rumah atau kamar orang lain. Ajari mereka untuk menunggu sampai diperbolehkan masuk.
6. Hindari kata-kata makian
Anak-anak seperti spons yang mudah menyerap. Mereka meniru apa pun yang dilihat di TV atau yang dikatakan oleh orang dewasa yang ada di sekitar mereka.
Terkadang, mereka tidak tahu bahwa kata-kata yang diucapkan tidak pantas untuk dikatakan oleh anak-anak. Jadi Parents, berhati-hatilah dalam mengucapkan sesuatu.
Bila anak terlanjur mendengar dan mengucapkannya, ingatkan mereka bahwa hal itu tidak baik. Cegah mereka memaki sebelum berubah menjadi sebuah kebiasaan.
7. Tidak boleh mengejek orang lain
Mengganggu atau mengejek orang lain adalah perilaku yang buruk. Parents harus mencegah anak meledek temannya meski anak-anak lain seusianya banyak yang melakukannya.
8. Menutup mulut saat batuk atau bersin
Sebagai bentuk menghargai orang lain, anak-anak harus dibiasakan untuk menutupi mulutnya dengan tangan saat batuk atau bersin.
9. Tidak mengupil di tempat umum
Ajari anak untuk menunggu hingga sampai di rumah atau izin ke kamar mandi bila ingin mengupil.
10. Tawarkan bantuan pada orang lain yang membutuhkan
Misalnya, jika tante mereka sibuk di dapur untuk persiapan kumpul keluarga, ingatkan anak untuk menawarkan bantuan. Ini adalah salah satu bentuk sopan santun dan sikap baik anak.
11. Tidak cemberut saat berada di situasi membosankan
Saat harus duduk di kelas atau menghadiri acara formal yang tidak selalu menyenangkan, ajari mereka untuk tetap bersikap sopan dan duduk dengan baik. Anak-anak harus belajar sabar, dan meski terasa berat bagi anak-anak yang berusia lebih kecil, kebiasaan ini harus ditanamkan sedini mungkin
.
12. Meminta dengan baik saat membutuhkan sesuatu
Misalnya anak ingin mengambil sesuatu di tempat yang tinggi dan tidak terjangkau olehnya, ia harus meminta tolong dengan sopan dan mengucapkan terima kasih setelahnya.
Sikap baik anak apa lagi yang kira-kira perlu ditambahkan dalam daftar ini? Share dengan kami di kolom komentar ya Parents!
Referensi: theAsianparent Filipina
Sumber: https://id.theasianparent.com/…/re…/balita/batita-1-3-tahun/

0 komentar:

Posting Komentar

 
TOSERBA FAJAR KUNINGAN TIMUR - Sahabat Ummat © 2013. All Rights Reserved. Powered by Blogger
Top