Vemale.com - Siapa yang tidak kesal, ketika serius-serius mengerjakan sesuatu atau sedang tidur, tiba-tiba tangan atau kaki terasa gatal sekali karena digigit nyamuk. Mau tak mau kamu harus bangun dan menggaruk bagian yang gatal, dan mencari cara agar bentol dan rasa gatal hilang dan tidak mengganggu lagi.
Ini sekian cara yang bisa kamu lakukan untuk menghilangkan rasa gatal akibat gigitan nyamuk.
1. Minyak kayu putih
Ini adalah pertolongan pertama yang paling sering dicari dan digunakan orang untuk menghilangkan gatal akibat gigitan nyamuk karena bersifat antimikroba. Minyak kayu putih punya sifat antiseptik dan anti serangga yang bisa menghilangkan rasa gatal sekaligus meredakan bengkak bekas gigitan.
2. Lidah buaya
Lidah buaya punya sifat alami yang mendinginkan, bersifat anti-inflamasi dan antibakteri sehingga bisa menyembuhkan bentol, rasa terbakar dan gatal di kulit. Ambil sedikit lidah buaya dan oleskan ke bagian yang digigit nyamuk.
Bahan alami penghilang gigitan nyamuk/copyright Pixabay.com
3. Cuka apel
Ambil cuka apel dan langsung oles ke bekas gigitan nyamuk. Cuka apel bersifat asam dan anti-inflamasi sehingga sangat bagus mengurangi gatal dan bengkak. Cuka apel juga sangat baik mencegah infeksi kulit akibat seringnya digaruk.
4. Kantong teh
Jika kebetulan sedang minum teh saat digigit nyamuk, jangan buang kantong teh yang diseduh karena ternyata bisa digunakan untuk menghilangkan rasa gatal. Asam tanin dalam kantung teh juga efektif menghilangkan bengkak gigitan serangga.
5. Baking soda
Baking soda punya sifat mendinginkan kulit yang bengkak dan gatal karena gigitan nyamuk karena punya komponen sodium bikarbonat yang bersifat alkali. Baking soda juga bersifat antibakteri dan anti infeksi sehingga sangat baik menyembuhkan bekas gigitan nyamuk.
Itu dia sekian bahan alami yang bisa diandalkan untuk menyembuhkan bengkak dan menghilangkan gatal karena gigitan nyamuk.

Sumber:https://www.vemale.com/kesehatan/111015-5-bahan-alami-untuk-menghilangkan-bengkak-gatal-bekas-gigitan-nyamuk.html

0 komentar:

Posting Komentar

 
TOSERBA FAJAR - Sahabat Ummat © 2013. All Rights Reserved. Powered by Blogger
Top