Membersihkan rumah bukan hanya sekedar menyapu dan mengepel. Beberapa benda di dalam rumah juga harus dibersihkan secara menyeluruh, agar anggota keluarga lebih sehat.

Membersihkan rumah seyogyanya menjadi hal yang rutin dilakukan, agar kesehatan anggota keluarga terjaga. Namun, Membersihkan rumah bukan hanya menyapu dan mengepel saja loh, Bunda.
Benda-benda di dalam rumah yang terlihat bersih juga harus dibersihkan secera rutin. Dilansir dari thenewageparents.com, berikut ini benda-benda yang tidak boleh luput dibersihkan.

1. Tempat tidur

Membersihkan tempat tidur dengan sapu lidi ternyata tidak cukup. Tungau juga sering berkembang biak di tempat yang lembab dan hangat, lapisan kulit mati Anda yang jatuh saat tidur akan menjadi makanan enak bagi tungau.
Oleh karena itu, ganti sprei dan selimut Anda secara rutin. Dan jemurlah kasur dan bantal sesekali di terik matahari untuk membunuh kutu-kutu yang mungkin berkembang biak.

2. Permadani atau karpet

Karpet menyimpan banyak sekali debu, kotoran, dan juga sel kulit mati Anda. Tentu saja ini membuat karpet menjadi surga bagi para tungau untuk tumbuh.
Bersihkan karpet dengan menjemurnya di luar, tepuk-tepuk dengan keras untuk menghilangkan debu. Jika perlu, gunakan penyedot debu khusus yang bisa membersihkan tungau.

3. Bulu kucing

Bila Anda memelihara kucing, berarti Anda harus lebih sering membersihkan rumah. Bulu-bulu kucing yang berjatuhan di sekitar rumah bisa menyebabkan alergi.

4. Keset

Keset merupakan tempat berkumpulnya kotoran, cuci dan jemur keset secara berkala untuk memastikan Anda dan keluarga tidak mengalami masalah kesehatan karena keset yang terlalu kotor.

5. Tanaman hias

Tanaman hias yang diletakkan di dalam rumah bisa menyebarkan jamur karena kelebihan penyiraman. Karena itu, hati-hati saat menyiraminya, tingkat kelembaban yang tinggi bisa membuat jamur tumbuh.
Selain itu, beberapa jenis tanaman hias bisa berbahaya bagi anak.

6. Tempat sampah

Tentu Anda juga tahu bahwa tempat sampah adalah sarang bagi bakteri dan kuman. Karena itu tidak ada salahnya mencuci tempat sampah yang ada di dalam sesekali.
Melapisi permukaannya dengan plastik juga bisa mengurangi dampak kotor di tempat sampah, jangan lupa gunakan disinfektan saat membersihkan tempat sampah.

7. Tirai

Tirai di jendela sering luput dari perhatian kita. Padahal tirai juga penting untuk dibersihkan. Anda bisa mencucinya sebulan sekali, atau menghilangkan debu dari tirai sengan penyedot debu secara rutin.
***
Rumah yang bersih tentunya akan membuat keluarga Anda lebih nyaman dan sehat. Ajaklah seluruh keluarga untuk membantu Anda saat sedang membersihkan rumah. Membersihkan rumah bisa menjadi kegiatan yang menyenangkan bersama keluarga.

Sumber:https://id.theasianparent.com/7-tips-membersihkan-rumah-agar-lebih-sehat-dan-nyaman/

0 komentar:

Posting Komentar

 
TOSERBA FAJAR KUNINGAN TIMUR - Sahabat Ummat © 2013. All Rights Reserved. Powered by Blogger
Top