Gambar terkait



Rumah.Com – Warna cat tembok interior bisa memengaruhi psikologis,  suasana hati, hingga kondisi kesehatan  penghuni rumah. Karena itu memilih produk cat dan memberikan sentuhan warna yang tepat pada tembok rumah, bisa membuat Anda nyaman dalam beraktivitas maupun beristirahat bersama keluarga. Salah satunya ditentukan dalam pemilihan produk cat untuk kebutuhan interior.
Pilih yang Sehat
Isu utama yang harus diperhatikan dalam pemilihan produk cat tembok  interior adalah  adanya merkuri maupun zat timbal yang terkandung dalam komponen dasar pembuat cat.  World Health Organization (WHO) atau badan kesehatan dunia menyebut jika paparan merkuri pada tubuh manusia berkontribusi besar pada peningkatan penyakit gangguan pernapasan, kerusakan pembuluh darah, penurunan kecerdasan otak anak, kanker, alzheimer, gangguan saraf, hingga penyakit jantung.
Untuk mengetahui baik atau buruk kandungan kimia di dalam suatu produk cat bisa diketahui dengan mengukur kadar Volatile Organic Compound (VOC) atau kandungan senyawa organiknya.  Senyawa ini berbentuk gas yang dipancarkan dari bahan cair maupun padat. Penggunaan VOC yang melebihi ambang batas akan mengubah cat tembok menjadi zat perusak kesehatan.
Bau menyengat yang tercium saat tembok baru selesai dicat merupakan indikasi dari tingginya kadar VOC dalam produk cat tersebut.  Bau tersebut biasanya tak mudah hilang meski lapisan catnya sendiri sudah mengering. Untuk kondisi di dalam ruangan, konsentrasi VOC bahkan bisa meningkat dua hingga lima kali lipat dibandingkan di luar ruangan.
Untuk menghindari hal buruk tersebut terjadi pada Anda dan keluarga, pastikan untuk menggunakan produk cat tembok yang tidak mengandung merkuri.
Pilih yang Berkualitas
Hampir semua produk cat memiliki warna-warna yang indah dan beragam namun tidak semua produk-produk tersebut mampu mempertahankan keindahan warnanya dalam jangka waktu lama.  Artinya, hal ini tergantung pada kualitas dan kehebatan dari masing-masing produk cat tembok tersebut.
Memilih cat tembok berkualitas untuk interior rumah Anda sangat penting. Karena Anda dan keluarga lebih banyak menghabiskan waktu di dalam rumah yang tentu menginginkan warna-warna tembok di dalam rumah seperti selalu baru, tak pudar, sehingga selalu menampilkan keindahan di mata saat dipandang.
Beberapa produk cat dengan kualitas rendah biasanya mudah mengelupas dan pudar. Saat disapukan ke tembok, cat juga susah melekat dan menutupi lapisan warna sebelumnya. Akibatnya Anda harus berulang-ulang kali melakukan pengecatan. Ujung-ujungnya akan lebih banyak jumlah kaleng cat yang harus Anda habiskan. Anda pun harus lebih banyak lagi mengeluarkan uang.
Tinggi atau rendahnya kualitas suatu produk cat interior ditentukan oleh bahan resin yang digunakan sebagai komponen dasar campuran pembuat produk cat tersebut. Produk cat dengan kualitas bahan resin terbaik menghasilkan daya sebar dan daya tutup bagus dan merata.  Cat tembok dengan bahan resin yang baik mampu melekat dengan sempurna pada dinding sehingga bisa membuat warna selalu tampak baru, tidak mudah pudar dan mengelupas, serta tahan lama.
Penggunaan bahan resin dengan kualitas terbaik juga bisa menjadikan cat sebagai pelindung terbaik untuk tembok rumah. Sehingga jamur dan lumut tak mudah tumbuh serta mengotori dinding rumah Anda.
Pahami Cara Pengggunaannya
Membaca aturan penggunaan yang tercantum pada kaleng kemasan atau brosur produk cat seringkali dianggap sepele. Padahal, hal ini bisa membantu Anda mendapatkan hasil pengecatan yang sempurna.
Ikuti beberapa tahapan berikut:
  • Sebelum mulai menyapukan cat, pastikan dulu tembok Anda sudah kering dan bersih. Hilangkan semua debu yang menempel dan cat lama yang terkelupas. Untuk menghilangkan jamur, lumut, atau kotoran yang membandel, gunakan larutan kaporit 10 % dan fungicidal wash atau penghilang jamur.
  • Untuk pengecatan pada tembok baru, pastikan tembok benar-benar kering sempurna (kadar air 17-19%). Sementara untuk pengecatan pada tembok lama, jika daya lekat dan kondisi cat lama masih bagus, bisa langsung ditimpa dengan cat baru.
  • Untuk meratakan lapisan tembok dan menghilangkan cat lama yang sudah mengalami pengapuran, bisa dilakukan dengan pengamplasan. Anda bisa menggunakan sealant atau adukan semen dan pasir untuk menambal bagian yang retak atau bolong.
  • Untuk mengencerkan cat, gunakan campuran air sebanyak 20% untuk lapisan pertama dan 10 % untuk lapisan kedua. Aduk cat dalam kaleng dengan rata sebelum disapukan ke tembok. Kepadatan kuas cat memengaruhi daya sebar dan daya rata pengecatan.
  • Lamanya proses pengeringan tergantung pada ketebalan lapisan cat, suhu ruangan, serta ketersediaan sirkulasi udara. Normalnya membutuhkan antara 2-4 jam.
  • Agar cat tersisa dalam wadah tak mudah mengering dan bisa digunakan kembali, pastikan Anda menutup rapat-rapat wadah, simpan di tempat kering dan sejuk, serta tak terkena sinar matahari langsung.
Ingin turut menjaga kelestarian lingkungan? pilih produsen cat tembok yang sudah mengantongi standar ISO 14001.
Penuhi segala kebutuhan bahan bangunan anda hanya di Fajar Sidaraja, Toko Bahan Bangunan Sahabat Ummat..
Source: http://www.rumah.com/berita-properti/2017/6/154673/tips-memilih-cat-tembok-interior-yang-sehat-dan-berkualitas-untuk-lebaran

0 komentar:

Posting Komentar

 
TOSERBA FAJAR - Sahabat Ummat © 2013. All Rights Reserved. Powered by Blogger
Top