Telur merupakan salah satu makanan yang kandungan gizinya tinggi dan berharga murah. Banyak sekali kegunaannya dalam kehidupan sehari-hari, bisa dijadikan lauk-pauk, campuran minuman ataupun sebagai bahan pembuat kue. Melihat dari manfaatnya yang sangat banyak tentunya kita tidak ingin membeli telur secara sembarangan, apalagi dalam keadaan yang sudah rusak, misalnya ketika dipecahkan ternyata telurnya sudah bau. Tentunya akan sangat merugikan bagi kita. Untuk itu di sini saya mencoba untuk berbagi tips cara memilih telur yang baik, agar kita tidak salah pilih ketika membeli telur. Berikut ini tipsnya.

Tips Memilih Telur


Pertama Lihat Warna
Pilih telur yang warnanya lebih pekat dan cerah. Hal ini menunjukkan bahwa telur telah di produksi dengan sempurna. Cangkangnya kuat sehingga dapat melindungi isi telur dengn baik.

Kedua Lihat Ukuran
Pilih telur yang kecil. Terkadang kita biasanya menilai sesuatu yang lebih besar itu lebih baik. Padahal bisa saja sebaliknya. Untuk telur yang kecil merupakan telur dari ayam muda, cangkang nya biasanya lebih tebal, tentu akan sangat berfungsi dalam melindungi isi telur.

Ketiga Lihat Bentuk
Pilih telur yang berukuran Lonjong. Karena kandungan kuning telurnya akan lebih banyak dibandingkan telur yang berukuran bulat. Apa lagi untuk bahan baku kue yang terkadang hanya membutuhkan kuning telur saja, tentu ini sangat bermanfaat.

Keempat Cium Aroma
Pilihlah telur yang aromanya tidak berbau busuk. Jika aromanya sudah berbau busuk tentunya telur itu sudah dalam kondisi tidak bagus lagi.

Kelima Guncang
Perlakukan telur dengan cara mengguncangnya. Jika terdengar bunyi atau terasa ada yang longgar, itu menandakan telur tersebut sudah dalam kondisi kurang baik. Jadi pilih lah yang tidak ada suaranya.

Adapun cara mudah untuk membedakan telur segar dan tidak.
  • Sediakan sebuah baskom dengan tinggi cukup agar seluruh bagian telur terendam.
  • Jika telur dalam posisi tidur, berarti telur masih segar.
  • Jika telur agak miring atau mengambang, usianya sudah sekitar 4 hingga 9 hari.
  • Jika telur yang direndam dalam posisi tegak, berarti telur itu sudah disimpan lebih dari 10 hari.
Cara ini penting untuk Anda ketahui, karena semakin segar telur, semakin baik hasil masakan atau kue Anda.

Tips Menyimpan Telur Baru dan Lama
Satu hal lagi, kadang ada sisa beberapa butir telur saat sudah membeli telur baru. Agar tidak tercampur, pisahkan telur yang lama agar lebih cepat digunakan. Pakailah penanda, misalnya Anda pisah di wadah lain atau memberi satu titik dari pewarna makanan di kulit telur untuk telur yang lebih lama.
Semoga tips ini berguna untuk Anda.

0 komentar:

Posting Komentar

 
TOSERBA FAJAR - Sahabat Ummat © 2013. All Rights Reserved. Powered by Blogger
Top